Sinergi Fitness

Your Fitness Business Partner

Saturday
Aug 02nd
Text size
  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Home Kumpulan Artikel Fitness Arsip Artikel Cara Efektif Menggunakan Treadmill

Cara Efektif Menggunakan Treadmill

TRANSLATE Translate ( terjemahkan )
Cara Efektif Menggunakan Treadmill
Cara Efektif Menggunakan Treadmill

Beritahu Teman Tentang Artikel Ini - Klik salah satu icon

Submit Cara Efektif Menggunakan Treadmill in Delicious Submit Cara Efektif Menggunakan Treadmill in Digg Submit Cara Efektif Menggunakan Treadmill in FaceBook Submit Cara Efektif Menggunakan Treadmill in Google Bookmarks Submit Cara Efektif Menggunakan Treadmill in Stumbleupon Submit Cara Efektif Menggunakan Treadmill in Technorati Submit Cara Efektif Menggunakan Treadmill in Twitter
 

Saat berlatih di treadmill Anda juga tidak mengalami resistensi ’melawan’ udara atau angin, seperti ketika Anda berlari di alam terbuka. Pada latihan treadmill, Anda menjejakkan kaki di permukaan yang bergerak. Efeknya, tekanan pada kaki berkurang. Sehingga kaki Anda pun cenderung bisa menapak lebih jauh dengan lebih mudah dan benturannya akan lebih ’ringan’ dibanding lari di jalanan. Mengingat manfaatnya yang besar sayang, lho, bila sampai saat ini Anda belum sempat ’mencicipi’ treadmill.

 

 

Keuntungan Berlatih Treadmill :
1. Treadmill cocok untuk melatih kemampuan kardiovaskular, membakar lemak dan bila dilakukan dengan porsi tepat biasa melangsingkan tubuh. Ini disebabkan karena kalori yang terbakar di atas treadmill sama dengan kalori yang terbakar saat Anda berlatih di jalan.
2. Dengan treadmill berkualitas tinggi Anda bisa mengatur latihan sesuai selera. Jalan santai, jalan cepat, joging ringan, sampai lari cepat atau lari menanjak. Dengan kata lain kontrol sepenuhnya berada di tangan Anda.
3. Treadmill cocok dijadikan alat latihan bagi Anda yang rnerasa kekurangan ’ruang’ dan waktu untuk berlatih.
4. Alat ini dianggap cocok hampir bagi semua orang dan berbagai kondisi. Mereka yang per-nah mengalami sakit punggung, pergelangan kaki atau lutut lemah, misalnya, masih bisa melakukannya karena treadmill mengurangi tekanan pada sendi. Treadmill yang baik pun bersifat shock absorbing.
5. Dengan treadmill Anda bisa memantau detak jantung lewat monitor, mengetahui kalori yang terbakar, jarak yang Anda tempuh, dan kecepatan berlari/berjalan.

 

Tips Penggunaan Treadmill :
Anda bisa memilih untuk menggunakan program ’Quick Start’ atau ’Manual’. Begitu Anda memilih, Anda telah masuk ke program dasar latihan lari. Setelah itu Anda tinggal menyesuaikan intensitas lari sesuai kebutuhan. Atur kecepatan dan tanjakan (derajat incline) sesuai dengan kekuatan Anda.

 

Pada panel mesin treadmill, umumnya Anda perlu mengikuti beberapa langkah berikut :
(1) Saat pertama kali menggunakan treadmill, Anda mungkin merasa sedikit pusing atau mengalami semacam disorientasi. Tak perlu khawatir. Keluhan ini akan hilang setelah dua-tiga kali berlatih. Namun bila Anda selalu pusing setelah melakukan treadmill, segera hubungi dokter spesialis olahraga.
(2) Jangan dibiasakan bergantung pada rel pegangan tangan yang biasa terdapat di kedua sisi mesin. Pertama kali menggunakan treadmill Anda boleh-boleh saja berpegangan di situ untuk memperoleh keseimbangan.
(3) Berlari di atas treadmill membutuhkan latihan. Mulailah dengan jalan perlahan-lahan. Lalu secara bertahap tingkatkan kecepatan jalan lalu lari. Pastikan Anda berlari di bagian depan mendekati monitor mesin treadmill. Sehingga bila sewaktu-waktu dibutuhkan Anda bisa dengan mudah menjangkaunya.
(4) Hindari menggunakan mesin treadmill bersistem self-powered, yang baru bergerak bila Anda berjalan atau berlari di atasnya. Jangankan bagi pemula. Mereka yang sudah terbiasa bertreadmill pun umumnya kurang nyaman dengan alat model begini.